HOLOPIS.COM, JAKARTA – Di Indonesia, bawang menjadi bahan utama dalam berbagai masakan maupun obat tradisional. Jenis bawang merah yang terdapat di Indonesia terhitung ratusan, diantaranya bawang merah bima brebes, bawang merah kuning, bawang merah, bawang dayak dan masih banyak lagi.

Salah satu Bawang asal Indonesia yang kaya akan khasiatnya adalah Bawang Dayak. Ternyata, bawang dayak merupakan salah satu jenis bawang yang berasal dari daerah tropis Amerika. Bawang dayak atau Eleutherine palmifolia menyebar di wilayah Indonesia melalui pulau Kalimantan.

Selain itu, bawang dayak memiliki nama lokal yang beragama, yakni seperti bawang tiwai, bawang sabrang, bawang berlian, bawang lubak dan bawang hantu atau teki sebrang. Bawang Tiwai/Dayak merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah, tempatnya suka Dayak tinggal.

Bawang Dayak memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan seperti alkaloid, steroid, triterpenoid, protein, saponin, karbohidrat dan senyawa-senyawa lainnya.

Bawang Dayak
Bawang Dayak. [Gambar: Istimewa]
Dikutip Holopis.com dari situs klik dokter Rabu (26/10), berikut ini manfaat Bawang Dayak untuk kesehatan tubuh.

Memelihara Kesehatan Tulang

Khasiat bawang dayak untuk kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Bawang dayak mampu memelihara kepadatan tulang, sehingga risiko osteoporosis bisa diturunkan. Hal tersebut karena kandungan kalsium dan mineral yang terkandung dalam bawang dayak.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ekstrak bawang dayak dapat menurunkan derajat kerusakan ginjal. Penggunaan bawang dayak untuk memperbaiki fungsi ginjal bisa dibarengi dengan pola makan yang sehat. Misalnya, mengurangi garam pada masakan, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Mencegah Kanker

Rata-rata bawang mengandung antioksidan flavonoid. senyawa flavonoid dalam bawang dayak ternyata dapat membantu menurunkan perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat bawang dayak lainnya yaitu bisa membuat Sobat Holopis terhindar dari penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Hal ini berkat kandungan eleutherine di dalam bawang dayak bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah. Bawang dayak bisa digunakan untuk pencegahan penyakit diabetes, karena mengandung eleutherol, eleuthocide A, serta eleutherinoside B yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah.

Nah itu 5 manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh, terlepas dari banyaknya khasiat bawang Kalimantan itu, Sobat Holopis tetap tidak boleh mengkonsumsi secara berlebih. Imbangi dengan menjaga pola hidup sehat, dan olahraga secukupnya.