HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyoroti gaya hidup mewah yang kerap ditampilkan oleh banyak anggota polisi lainnya. Ia meminta kepada mereka agar tidak lagi memamerkan harta dan barang mewah, sekalipun mereka berasal dari keluarga berada.

“Saya tahu mungkin keluarga rekan-rekan juga berangkat dari orang berada, tapi saat ini bukan waktunya untuk dipamer-pamerkan,” kata Kapolri dalam pengarahan kepada kepala satuan wilayah (kasatwil) di 34 polda dan polres jajarannya lewat video conference yang dikutip Holopis.com, Senin (24/10).

Ia meminta anggotanya menahan diri. Pasalnya, menurut Kapolri, situasinya sedang tidak baik. Sehingga ia khawatir ketika ada anggotanya yang masih sok-sokan memamerkan kemewahan di muka publik, akan berdampak tidak baik khususnya bagi institusi Kepolisian.

“Terkait dengan gaya hidup mewah, Pak Presiden juga sudah betul-betul memberikan penjelasan secara gamblang saya kira, masalah kebiasaan-kebiasaan menggunakan mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik,” tuturnya.

Sigit juga meminta anggota untuk menjadi polisi yang sederhana. Sikap hedonisme tidak boleh lagi ada baik dalam kondisi bertugas maupun berada di lingkungan keluarga sekalipun.

“Jadilah polisi yang sederhana, hilangkan kebiasaan hedonis baik saat pelaksanaan dinas maupun dalam kehidupan berkeluarga,” pungkasnya.