HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan peringatan kepada seluruh jajaran di bawahnya untuk menghindari sikap arogan. Apalagi, sikap sewenang-wenang anggota Polri tengah menjadi sorotan Presiden Joko Widodo.

“Tolong betul-betul anggota pada saat akan melaksanakan tugas memahami apa yang menjadi SOP, apa yang harus dipedomani. Perilaku-perilaku arogan saat ini tolong dihilangkan,” kata Jenderal Sigit saat memberi pengarahan kepada kepala satuan wilayah (kasatwil) di 34 polda dan polres jajarannya lewat video conference yang dikutip Holopis.com, Selasa (25/10).

Kapolri menginstruksikan kepada para anggota Polri untuk mengedepankan pendekatan humanis dan sopan. Namun, tetap melakukan tindakan tegas apabila diperlukan.

“Kedepankan pendekatan-pendekatan rekan-rekan yang humanis. Tampilkan etika dan kesopanan, tutur katanya juga lembut, namun tegas ketika dibutuhkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit juga meminta agar jajarannya lebih peka terhadap situasi dan kondisi yang yang hadapinya. Jika kegiatan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dicari cara penanganannya dengan pendekatan preemtif, preventif, dan dialogis.

“Sehingga kemudian bisa kita lakukan upaya-upaya komitmen pada saat turun secara terukur. Penggunaan kekuatan secara eksesif harus betul-betul menjadi pilihan terakhir,” pungkasnya.