HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi memerintahkan seluruh anak buahnya untuk serius dalam menangani permasalahan kasus gagal ginjal akut yang saat ini sedang ramai terjadi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, kasus yang telah menewaskan ratusan anak-anak di Indonesia tersebut bukan lagi masalah kecil.

“Untuk itu, saya ingin kita semuanya memberikan perhatian bersama. Yang pertama, utamakan keselamatan masyarakat. Jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (24/10).

Meskipun sudah dianggap kasus besar, Jokowi pun kemudian belum menyatakan kasus tersebut menjadi sebuah Kejadian Luar Biasa (KLB).

Sebagai langkah antisipasi, Jokowi saat ini sebatas memberikan instruksi kepada Kemenkes untuk menghentikan peredaran obat yang dicurigai menjadi penyebab penyebaran propilen glikol, polietilen gliko

“Meskipun masih diduga, itu dihentikan terlebih dahulu menunggu investigasi secara menyeluruh dari BPOM pada seluruh obat sirop yang menggunakan bahan pelarut,” tegasnya.

Lebih lanjut Jokowi menjanjikan bahwa pihaknya tidak akan melakukan manipulasi data apapun terkait permasalahan tersebut.

“Ini lakukan secara terbuka, transparan, tapi juga hati-hati dan objektif,” pungkasnya.