HOLOPIS.COM, JAKARTA – iOS 16 yang diperkenalkan pada WWDC 2022 September lalu, telah memberikan update mengenai iOS 6.1 dengan menghadirkan fitur-fitur yang sudah tersedia, namun belum dihadirkan pada iOS 16.

Peningkatan iOS 16 ini juga mendapatkan perbaikan bug, hingga peningkatan stabilitas dan keamanan. Lalu apa saja fitur-fiturnya, berikut ini fitur baru yang ada di iOS 16.1.

1. Pengisian Energi Bersih

Ingin ambil bagian untuk menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi jejak karbon? iOS 16.1 menambahkan opsi Clean Energy Charging atau Pengisian Energi Bersih baru ke iPhone untuk membantu kamu mencapainya. Fitur ini mengoptimalkan waktu pengisian daya iPhone, sehingga kita bisa menggunakan sumber daya energi yang lebih sedikit. Dari sudut pandang individu mungkin hal ini tidak membuat perbedaan besar. Tetapi mengingat ada lebih dari satu miliar pengguna iPhone di seluruh dunia, dimana opsi pengisian Energi Bersih dapat memiliki dampak penting secara kolektif.

2. iCloud Shared Photo Library

Diumumkan di WWDC22, iCloud Shared Photo Library akhirnya diluncurkan ke muka publik lewat iOS 16.1. Seperti namanya, kita dapat membuat perpustakaan foto bersama di Foto iCloud. Setelah itu, undang 5 teman atau anggota keluarga untuk melihat atau menambahkan foto mereka melalui iPhone maupun iPad.

3. Live Activities

Fitur utama iOS 16 lainnya yang didemonstrasikan di WWDC22 dan akhirnya memulai debut di iOS 16.1 adalah Live Activities. Fitur ini memungkinkan aplikasi menampilkan informasi real time yang relevan di Lock Screen iPhone sehingga pengguna tidak perlu masuk ke dalam aplikasi. Misalnya, kamu dapat melihat skor sepak bola, melacak status pengiriman makanan, dan lainnya menggunakan Live Activities dari Lock Screen. Fitur tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman Dynamic Island pada seri iPhone 14 Pro. Aplikasi pihak ketiga dapat memanfaatkan API Live Activities untuk menampilkan informasi yang relevan di Dynamic Island.

4. Apple Fitness+ tanpa Apple Watch

iOS 16.1 memberikan pengguna akses ke aplikasi Apple Fitness+ di iPhone mereka. Hingga saat ini, aplikasi tersebut tersedia secara eksklusif untuk pengguna Apple Watch.

Sekarang, pemilik iPhone dapat berlangganan layanan fitur ini dan menikmati latihan dengan pemandu. Satu-satunya masalah kamu yakni tidak akan bisa melihat metrik kesehatan di layar, karena tidak ada Apple Watch untuk melacaknya.

5. Share keys di Apple Wallet

Dengan Share keys di Wallet, kamu dapat membagikan kunci mobil atau hotel dengan aman kepada teman dan keluarga melalui aplikasi perpesanan seperti Message dan WhatsApp.

Aplikasi Wallet di iOS 16.1 juga mengaktifkan akun tabungan baru untuk pengguna Apple Card. Ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bunga dari Daily Cash dengan menyimpan di rekening tabungan dengan yang hasil tinggi.