HOLOPIS.COM, JAKARTA – Film Black Adam tak hanya menjadi debut sang antihero di semesta DC Extended Universe (DCEU), tetapi juga mengenalkan kelompok superhero bernama Justice Society of America (JSA).

Dalam film tersebut, JSA dikisahkan sebagai kelompok superhero yang dibentuk dengan tujuan menjaga stabilitas dunia.

Mereka bertugas menjaga perdamaian tanpa membunuh penjahat yang mengancam.

Kelompok superhero itu dipimpin oleh Carter Hall (Aldis Hodge) alias Hawkman. JSA kemudian terlibat dalam kisah Black Adam karena kemunculan sang antihero di Kahndaq dianggap mengancam keselamatan manusia.

Holopis.com mengutip dari situs resmi DC, Justice Society of America merupakan kelompok superhero tertua di dunia komik. Kelompok ini pertama kali muncul di komik DC berjudul All Star Comics #3 terbitan 1940.

Saat itu, JSA beranggotakan Doctor Fate, Hourman, the Spectre, Sandman, Atom, Flash, dan Hawkman. Namun, kiprah kelompok superhero itu meredup hingga komiknya berhenti terbit pada Maret 1951.

DC Comics kemudian membentuk kelompok superhero baru bernama Justice League of America. Kelompok itu beranggotakan Aquaman, Batman, Superman, Martian Manhunter, Wonder Woman, dan the Flash.

Untuk menyikapi dua kelompok superhero itu, DC Comics memutuskan bahwa Justice Society America berada di semesta Earth-2. Sementara itu, Justice League berada di Earth-1 yang menjadi semesta utama DC Comics.

Di semesta DCEU, Justice Society of America hadir sebagai kelompok superhero yang masih cukup disiplin dalam mengacu versi komik. JSA di Black Adam menampilkan Hawkman dan Doctor Fate (Pierce Brosnan) sebagai dua superhero senior yang memegang kendali kelompok.

Mereka kemudian melatih sekaligus mengorbitkan Cyclone (Quintessa Swindell) dan Atom Smasher (Noah Centineo), dua anggota JSA muda yang meneruskan langkah kakek-nenek superhero mere

Hal tersebut cukup akurat dengan versi komik karena Hawkman dan Doctor Fate merupakan para pendiri JSA, sementara Cyclone dan Atom Smasher baru muncul di JSA sekitar tahun 2000-an.

Meski demikian, JSA di semesta DCEU terbentuk setelah Justice League. Keanggotaan Justice Society pun terbilang lebih sedikit dibanding versi komik.

Masa depan Justice Society di semesta DCEU juga masih menjadi tanda tanya. Namun, kelompok superhero itu menjadi modal baru bagi DC untuk mengembangkan semesta dengan menampilkan jajaran superhero anyar.