HOLOPIS.COM, JAKARTA – DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk memberikan klarifikasi terkait pernyataannya yang mengaku siap menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Undangan klarifikasi itu tertuang dalam surat bernomor 4545/IN/DPP/X/2022 yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komaruddin Watubun pada 21 Oktober lalu.

“Bersama ini DPP PDI Perjuangan mengundang Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P, untuk wajib hadir,” tulis surat tersebut yang dikutip Holopis.com, Senin (24/10).

Dalam surat yang juga ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto itu menyebutkan, bahwa Ganjar wajib hadir ke Kantor DPP PDIP pada Senin (24/10) pukul 16.00 WIB sore ini.

“Acara dilakukan dengan pertemuan tatap muka, dimohon kepada Bapak untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tulis undangan klarifikasi tersebut.

Surat Undangan Klarifikasi
Surat undangan klarifikasi untuk Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto telah menyampaikan bahwa pihaknya akan memanggil Ganjar untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataan siap nyapres.

Hasto menekankan, bahwa pengumuman capres yang akan diusung partai berlambang banteng tersebut, merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum (Ketum) PDIP.

“Masalah capres ya belum dilakukan pengumuman oleh Bu Mega, ya kita tunggu saja momentumnya. Pak Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya,” kata Hasto.

Selain Ganjar, PDIP juga akan memanggil Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang beberapa waktu lalu menyampaikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres.

“Kami akan lakukan klarifikasi, kami akan undang juga Pak Rudy karena disiplin partai harus ditegakkan,” ungkap Hasto.