HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh mengaku bahwa dirinya tidak terlalu mendesak kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk berkoalisi dengannya pada Pemilu 2024 mendatang.

“Ya NasDem tidak mau desak-desak itu, atur saja, mau koalisi boleh. Kurang, nggak koalisi juga tidak apa-apa,” kata Paloh dalam keterangannya di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat yang dikutip Holopis.com, Sabtu (22/10).

Soal koalisi Pilpres 2024, Paloh menegaskan bahwa ia tak memiliki beban apapun. Jika memang PKS maupun Demokrat hendak berkoalisi dengan NasDem, maka ia akan menerimanya. Jika tidak pun ia tak begitu merasa bermasalah. Sebab menurut Paloh, koalisi adalah hak dan pilihan politik masing-masing parpol.

“Ya apa boleh buat (jika tidak jadi berkoalisi), nggak ada masalah, kita nggak ada beban yang tinggi sekali,” tegasnya.

Dia menyayangkan jika hak konstitusional seseorang berkurang lantaran pertimbangan situasional. Dia mengatakan kepentingan bangsa harus berada di atas kepentingan partai.

“Sayang kalau enggak, hak-hak konstitusional kita kurangi karena satu dan lain hal, pertimbangan pragmatis misalnya, pertimbangan situasional misalnya. Kalau masih tetap dipertahankan bagus, tapi menempatkan kepentingan bangsa ini di atas kepentingan partai, saya pikir kita mau konsisten di sana,” pungkasnya.