HOLOPIS.COM, NTB – Bencana angin puting beliung melanda pemukiman di Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, bencana yang sudah terjadi sejak Selasa (18/10) itu menyebabkan ratusan rumah penduduk alami kerusakan.

“Sebanyak 446 rumah terdampak akibat angin puting beliung dan sebanyak 1.348 jiwa terdampak. Kerusakan paling parah adalah bagian atap rumah warga,” kata Abdul, kepada Holopis.com, Jumat (21/10).

Abdul pun menjelaskan, BPBD Kabupaten Lombok Utara telah berkoordinasi dengan pemerintah Desa untuk pendataan dan dinas sosial untuk bantuan logistik kepada warga terdampak.

Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Lombok Utara dan Sumbawa pada hari ini.

Menyikapi hal itu, maka BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan.