HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim muda Indonesia berhasil maju ke babak semifinal Piala Suhandinata Kejuaraan Dunia Junior 2022, setelah menumbangkan raksasa bulu tangkis dunia, China di perempat final.

Bahkan pada laga yang berlangsung, Kamis (19/10) di Palacios de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, tim Indonesia menang dengan skor akhir 3-1.

Pada laga pembuka, pasangan ganda campuran Indonesia Rafli Ramanda/Az-azahra Putri Diani, harus takluk dua gim langsung atas pasangan China, Zhu Yi Jun/Liu Sheng Shu 21-13, 21-15. Atas kekalahan tersebut Indonesia tertinggal 0-1 dari tim Tiongkok.

Sektor tunggal putra menjadi laga kedua dalam pertandingan tersebut, andalan Indonesia Alwi Farhan menuntaskan tugasnya dengan baik, menang dua gim langsung atas tunggal China, Zhu Xuan Chen 21-16 dan 21-16. Kemenangan Alwi, menyamakan skor 1-1 atas China.

Pertandingan ketiga, dimenangkan oleh tunggal Putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dua gim langsung tanpa hambatan 21-7 dan 21-10. Indonesia membalikan keadaan dengan unggul 2-1.

Di Laga keempat, pasangan ganda putra Indonesia, Muh Putra Erwiansyah/Muh Rayhan Nur Fadillah berhasil membawa Indonesia lolos ke semifinal, usai menang dua gim langsung atas ganda putra China, Xu Hua Yu/Zhu Yi Jun, 21-17 dan 21-14.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia telah ditunggu Tim China Taipei di babak semifinal yang akan berlangsung hari ini, Jumat (21/10). China Taipei melaju ke semifinal usai menaklukkan Inggris 3-0. Empat tim yang lolos ke babak semifinal yakni Indonesia, China Taipei, Jepang dan Korea Selatan.

Sebelumnya pada babak kualifikasi grup A, Indonesia berhasil menang 5-0 atas Latvia. Laga kedua kualifikasi, Indonesia berjumpa dengan Swedia dan berhasil menang 5-0. Pada laga terakhir, penentuan tiket ke perempat final, Indonesia berhasil taklukan perlawanan Malaysia 4-1.