Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizTenang! Ekonomi RI Tahun Depan Mungkin akan Melemah, Tapi Tidak Resesi

Tenang! Ekonomi RI Tahun Depan Mungkin akan Melemah, Tapi Tidak Resesi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ekonom Senior yang sekaligus mantan Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Muhammad Chatib Basri memastikan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 tidak seburuk apa yang digembor-gemborkan oleh pemerintah belakangan ini.

Dia memprediksi, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang menjadi salah satu indikator perekonomian mungkin akan melemah pada tahun depan. Namun tidak sampai berada pada level negatif.

“Saya tidak melihat kemungkinan Indonesia mengalami pertumbuhan negatif. Mungkin pertumbuhan ekonomi akan melemah, tetapi tidak negatif,” ujarnya dalam SOE International Conference yang dikutip Holopis.com, Selasa (18/10).

Dia menjelaskan, potensi Indonesia terdampak resesi global sangatlah kecil, karena hubungan Indonesia dengan rantai pasok global masih terbilang cukup rendah. Hal itu tercermin dari sumbangan ekspor terhadap PDB yang hanya sebesar 19,79 persen pada kuartal II-2022.

Kendati demikian, ia mengingatkan akan adanya potensi pertumbuhan ekonomi RI yang lebih rendah, dimana pertumbuhan diproyeksi hanya sebesar 4 persen secara tahunan, apabila situasi yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini masih terus berlanjut.

“Barangkali dalam skenario kasus terburuk, kita mungkin akan tumbuh 4 persen secara tahunan di bawah situasi seperti ini,” ujar Chatib Basri.

Akan tetapi, lanjut dia, optimisme tetap perlu dijaga secara berkelanjutan agar masyarakat terus bersedia membelanjakan uang mereka. Sebab, lebih dari 50 persen PDB disumbang oleh konsumsi masyarakat.

Adapun khusus untuk sektor perbankan, Chatib memandang kenaikan Giro Wajib Minimum (GWM) menjadi 9 persen akan berdampak terhadap bank-bank yang berukuran kecil.

“Mereka akan melihat masalah dari pengetatan likuiditas, lalu mereka akan mulai meningkatkan suku bunga, sehingga terjadi perang harga antar bank yang berpotensi berujung pada ketidakstabilan yang perlu diantisipasi,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.