HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya mulai tak sabar untuk segera merampungkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024.

Ia berkeinginan, upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di tahun 2024 mendatang bisa dilaksanakan di halaman Istana Kepresidenan di IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

“Yang jelas di bulan Agustus 2024, kita ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 itu di halaman istana (kepresidenan) IKN,” ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima Holopis.com, Selasa (18/10).

Jokowi meyakini peringatan HUT ke-79 RI di IKN bisa terlaksana jika semua pihak saling mendukung pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut.

Ia menegaskan, bahwa keberlanjutan pembangunan IKN Nusantara sudah terjamin, lantaran dasar hukum maupun proses persetujuan pembangunan proyek ibu kota baru tersebut sangat kuat.

“Bapak, Ibu tidak perlu ragu dan bimbang karena payung hukumnya sudah jelas yaitu UU Nomor 3 Tahun 2022 dan itu ini juga harus tahu itu telah disetujui 93 persen dari fraksi di DPR loh,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, bahwa IKN merupakan masa depan Indonesia yang sudah semestinya didukung oleh semua pihak.

Kepindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, kata dia, bukan sekadar memindahkan gedung-gedung pemerintahan.

“Bukan fisik yang kita pindahkan, tetapi yang kita ingin bangun adalah budaya kerja baru mindset baru, dan IKN mindset ekonomi baru,” ujar Jokowi.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk turut memberikan kontribusi dengan berinvestasi di IKN Nusantara demi membangun kota masa depan.

“Nusantara adalah kota pintar masa depan, yang berbasis hutan dan alam dan belum ada di dunia. Tolong dicarikan karena belum ada, ini yang membedakan,” kata Jokowi.