HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota girlband IVE, Wonyoung baru-baru ini ramai dibicarakan netizen Tiongkok. Hal ini dikarenakan, ia dikecam media Tiongkok karena dianggap mencuri atau mengklaim budaya mereka karena jepit rambut.

“Aku tidak tahu Jang Wonyoung akan mengklaim dengan lantang bahwa jepit rambut tersebut adalah gaya busana Korea. Dia pasti tidak tahu,” ujar outlet Tiongkok, NetEase yang dikutip Holopis.com dari situs KpopStarz pada Rabu, (19/10).

Klaim tersebut diketahui, terjadi dalam video program Vogue Korea. Dalam video tersebut disiarkan vlog hari Wonyoung saat diadakannya acara Paris Fashion Week.

Di salah satu klip dalam video, terlihat Wonyoung sedang bersama para designer dan stylist dalam menyiapkan outfit-nya untuk acara tersebut.

Hal yang menyebabkan persoalan yaitu, ketika Wounyoung mengenakan jepit rambut dengan bentuk burung phoenix berwarna silver. Ia mengatakan, bahwa jepit rambut yang dipakai saat itu merupakan jepit rambut tradisional Korea.

Media tiongkok pun angkat suara, bahwa jepit rambut phoenix tidak mewakili budaya Korea. Hal itu dikarenakan, Naga dan Phoenix merupakan tradisi dan pola simbolik bagi Tiongkok.

Di samping itu, NetEase juga sempat mengutip perkataan netizen Tiongkok. Salah satu di antara mereka meminta Wonyoung untuk mengoreksi klaimnya dan meminta maaf.