HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei mereka mengenai elektabilitas sejumlah nama yang diprediksi akan bertarung di bursa pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto menjelaskan, dalam survei yang dilakukan pada pertengahan Oktober, nama Prabowo Subianto tetap kokoh di peringkat pertama.

“Prabowo Subianto sendiri tetap kokoh di puncak survei dengan 30,7 persen mengalahkan nama Ganjar dan Anies,” kata Alfin dalam keterangan pers yang diterima Holopis.com, Rabu (19/10).

Alfin pun menjelaskan, meskipun Ganjar Pranowo begitu rajin bersosialisasi dan melakukan deklarasi di berbagai daerah, masih terpaku pada elektabilitas 20,5 persen.

“Sementara Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan sebagai capres oleh Partai Nasdem, belum juga beranjak di tingkat elektabilitas 17,6 persen,” ungkapnya.

Selain itu, saat dilakukan simulasi pasangan capres dan cawapres, nama Prabowo Subianto pun diketahui masih kokoh berada di peringkat pertama meski dipasangkan dengan siapapun.

“Kendati berpasangan dengan siapapun, elektabilitas Prabowo tetap tinggi dan berpeluang memenangkan Pilpres 2024,” tukasnya.

Survei IPS ini diketahui menggunakan sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner.