HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap tanggal 18 Oktober, negara-negara di seluruh dunia memperingati Hari Perpustakaan Sekolah Internasional.

Hari peringatan ini sangat penting karena tujuan utamanya adalah untuk membangun kesadaran akan pentingnya budaya literasi dan pengembangan perpustakaan sekolah di seluruh dunia.

Jadi, bagaimana Hari Perpustakaan Sekolah Internasional bisa terjadi?

Sejarah Asal-Usul Hari Perpustakaan Sekolah Internasional

Peringatan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional yang pertama diadakan pada tanggal 18 Oktober 1999 dengan mengusung tema “A Day In The Life”.

Hari Perpustakaan Sekolah Internasional sendiri dicanangkan oleh Presiden International Association Of School Librarianship (IASL), bernama Dr Blanche Woolls, pada tahun yang sama, yaitu 1999.

Selanjutnya, hari ulang tahun ini juga dikukuhkan pada tahun 2005 oleh Presiden IASL, Peter Genco.

Seiring berjalannya waktu, Hari Perpustakaan Sekolah Internasional berganti nama menjadi Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional pada tahun 2008.

Pemilihan nama tersebut dimaksudkan agar sekolah-sekolah di seluruh dunia dapat lebih leluasa memilih waktu tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolahnya masing-masing.

Peringatan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional ini cukup penting karena dijadikan momentum untuk mengungkapkan dan mengadvokasi pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda khususnya anak sekolah.