HOLOPIS.COM, BALI – Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali sejak Senin (17/10).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, akibat banjir tersebut menyebabkan setidaknya satu orang warga meninggal dunia.

“Peristiwa ini terjadi ketika korban mengendarai sepeda motor dan terseret arus banjir yang berasal dari luapan saluran air,” kata Abdul dalam keterangan pers yang diterima Holopis.com, Selasa (18/10).

Abdul menjelaskan, tim gabungan telah melakukan penyisiran saluran air dari depan lapangan Kilobar Tamanbali menuju saluran irigasi Guliang Kangin untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

“Saat ini korban sudah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum terdekat untuk dilakukan outopsi,” tukasnya.

Banjir yang melanda Desa Tamanbali di Kecamatan Bangli ini diketahui terjadi setelah hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

“Kondisi curah hujan yang tinggi juga memicu longsor yang terjadi di Kecamatan Susut. Aktivitas warga ikut terganggu akibat longsor yang menutup akses jalan,” jelasnya.

Upaya pengerahan alat berat dari Dinas PU juga telah diinisiasi guna membuka akses jalan. Selain itu upaya penyemprotan oleh tim Damkar juga dilakukan guna membersihkan material lumpur agar warga sekitar dapat melintas kembali.