HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis ada yang tahu jenis pandan ini? Pandan jenis ini sering ditemui di pantai berpasir atau berkarang. Biasanya, pandan laut yang harum tahan lama ini sering digunakan sebagai pengharum ruangan hingga pakaian. Tapi, taukah kamu kalau Pandan Laut juga berkhasiat untuk melawan berbagai penyakit dalam tubuh?

Dikutip Holopis.com dari situs IdnMedis, Selasa (18/10), dari beberapa kandungan yang dimiliki, pandan laut dapat memberi beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yang cocok sebagai sumber herbal.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Pandan Laut mengandung senyawa tangeritin dengan konsentrasi tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh kondisi pengerasan dindingarteri oleh kolesterol yaitu jantung koroner.

Anti Depresan
Ekstrak hidro alkoholik dari Pandan Laut ini menunjukkan aktivitas anti depresanyang berupa pengurangan imobilitas. Perlu diketahui, bahwa kualitas efek antri depresan dari Pandan Laut hampir sama dengan obat depresaan standar lainnya, seperti diazepam.

Penyakit Kardiovaskular
Ekstrak etanol dari Pandan Laut dapat beraktivitas anti hiperlipidemia, yang dinilai berkaitan dengan beberapa penyakit kardiovaskular. Maka, Pandan Laut juga bisa bermanfaat untuk pencegahan hingga pengobatan penyakit ini.

Anemia, Diabetes, Penyakit Jantung, dan Kanker
Pandan Laut mengandung karotenoid yang mampu melindungi dari beberapa penyakit. Seperti anemia, kekurangan vitamin A, penyakit kronis, hingga penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Anti Oksidan
Kandungan senyawa flavonoid dan fenolik dari Pandan Laut terbukti dapat memberi efek anti oksidan yang tinggi.

Tuberkolosis
Hasil dari ekstrak klorofom pada Pandan Laut ternyata terbukti memiliki aktivitas anti tuberkolosis yang paling aktif melawan M.

Namun diketahui, ternyata tak hanya bermanfaat melawan penyakit. Pandan Laut juga memiliki manfaat lainnya seperti anti bakteri, dan mengontrol berat badan dari serat yang dikandung.