HOLOPIS.COM, SULSEL – Bencana longsor menimpa pemukiman warga di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, setidaknya ada tiga orang warga yang tertimbun longsoran hingga menyebabkan meninggal dunia.

“Tiga warga Jeneponto itu sudah berhasil dievakuasi tim gabungan pada hari ini. Tim gabungan mengevakuasi korban yang tertimbun tanah longsor tersebut dalam kondisi meninggal dunia,” kata Abdul dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Minggu (16/10).

Abdul menjelaskan, bencana longsor itu terjadi setelah hujan lebat pada Jumat lalu (14/10). Fenomena hujan berintensitas tinggi juga mengakibatkan pohon tumbang hingga menutup badan jalan.

“Tiga korban ini tertimpa longsoran saat berupaya untuk mengevakuasi pohon tumbang,” terangnya.

Tim gabungan yang membantu proses evakuasi korban tersebut berasal dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD setempat dan BPBD Kabupaten Bantaeng serta didukung warga setempat.

Selain korban meninggal dunia, tanah longsor juga mengakibatkan 5 keluarga terdampak. Bencana ini sendiri diketahui tidak sampai mengakibatkan adanya pengungsian.

“5 rumah warga mengalami kerusakan ringan,” imbuhnya.

Pasca kejadian, petugas gabungan dan warga membersihkan material longsor dan pohon tumbang karena longsoran sempat menutup akses jalan poros Kabupaten Jeneponto.