HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Riset dan Kajian Lingkaran Suara Publik, Indra Nuryadin menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukannya, mayoritas rakyat Indonesia puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin.

“Kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Maruf Amin dalam delapan bulan terakhir dinilai oleh 55,5% publik memuaskan dan sangat memuaskan,” kata Indra kepada Holopis.com, Sabtu (15/10).

Hanya saja, tren yang ditunjukkan ternyata turun hingga 9,0 persen. Sebab, saat survei di periode sebelumnya, ia menyebut persentasenya lebih besar ketimbang data saat ini.

“Persentasenya menurun sebesar 9,0% dibandingkan dengan periode survei Juni lalu sebesar 64,5%,” ujarnya.

Faktor yang membuat tren kepuasan publik mengalami penurunan, karena kondisi perekonomian nasional yang kurang cukup menggembirakan. Dimana terjadi kenaikan harga-harga termasuk harga bahan pokok.

Indra menyampaikan data surveinya, bahwa di dalam delapan bulan terakhir bila dibandingkan dengan delapan bulan 2021 lalu, mayoritas publik atau 30,6% menilai kondisi perekonomian rumah tangganya biasa saja. Namun angka persentasenya menurun dari 56,8% pada periode survei Juni lalu. Angka persentase yang menyatakan lebih buruk dan jauh lebih buruk bertambah sebesar 19,7% dari 6,8% (periode Juni) menjadi 26,5%. Meskipun demikian angka ini berselisih tipis sebesar 3,1% dengan yang menyatakan jauh lebih baik dan lebih baik sebesar 23,4%.

“Kenaikan harga-harga diduga menjadi penyebab menurunnya sebagian kondisi perekonomian rumah tangga publik,” tuturnya.

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa survei tersebut dilakukan pada rentang waktu 1-10 Oktober 2022 dan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi di Indonesia. Proses ilmiah ini memiliki Margin of Error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.