HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyampaikan, bahwa dirinya akan mengupayakan agar Polri cepat melakukan pembenahan diri.

Hal ini disampaikan Mahfud MD usai Presiden Joko Widodo memberikan arahan langsung kepada Kapolres hingga Kapolda di seluruh Indonesia di Istana Negara Jakarta, pada tanggal 14 Oktober 2022 lalu.

Langkah pertama yang akan dilakukannya adalah, sebagai Ketua Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas), ia akan memastikan para komisionernya mampu melakukan peningkatan pengawasan dan kontrol kepada Polri dari sisi eksternal.

“Saya akan panggil Kompolnas untuk meningkatkan peran pengawasan eksternalnya,” kata Mahfud MD dalam tulisannya yang diunggah di akun Instagram @mohmahfudmd dan dikutip oleh Holopis.com, Minggu (16/10).

Selain menggarap Kompolnas, ia juga akan melakukan revitalisasi terhadap tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Tujuannya adalah untuk memastikan peningkatan pengawasan hingga ke level Polres dapat dilakukan dengan maksimal.

“Di internal Kemenko Polhukam, saya akan merevitalisasi Saber Pungli untuk memberi perhatian lebih terhadap laporan-laporan pemerasan dan mafia kasus yang terjadi di beberapa Polres,” pungkasnya.