Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

TGIPF : Tragedi Kanjuruhan, PSSI Harus Bertanggung Jawab

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Mahfud MD menegaskan PSSI harus bertanggung jawab penuh atas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang. Mahfud bersama TGIPF juga sudah membuat laporan setebal 124 halaman dan telah diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

Selain telah menyimpulkan proses meninggalnya ratusan korban, TGIPF menyimpulkan sejumlah stakeholder yang harus bertanggung jawab secara hukum maupun moral.

Mahfud menyinggung sejumlah pihak saling melempar tanggung jawab dan merasa sudah melakukan prosedur dengan benar.

PSSI jadi salah satu organisasi yang paling dicecar.

“Maka dalam catatan kami disampaikan bahwa pengurus PSSI harus bertanggung jawab, dan sub-sub organisasinya, bertanggung jawab itu pertama berdasarkan aturan-aturan resmi, kedua karena berdasarkan moral,” kata Mahfud kepada Holopis.com dalam konferensi pers, Jumat (14/10).

Mahfud menerangkan, keselamatan rakyat lebih tinggi kedudukannya dari hukum lantaran sudah mencederai keselamatan rakyat.

“Keselamatan rakyat itu adalah hukum yang lebih tinggi dari hukum yang ada, dan ini sudah terjadi keselamatan rakyat, publik, terinjak-injak.”

“Adapun tanggung jawab moral dipersilakan masing-masing melakukan langkah-langkah yang diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia Indonesia yang beradab,” terang Mahfud.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru