Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Apa Itu Bipolar, dan Bagaimana Cara Penanganannya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gangguan mental bipolar belakangan ini menjadi trending topic pembicaraan banyak netizen bertepatan dengan Hari Mental Sedunia yang dirayakan belum lama ini, serta aktris Indonesia, Marshanda yang secara terbuka mengidap bipolar disorder.

Dikutip Holopis.com, berdasarkan data dari World Health Organization tahun 2017, sekitar 45 juta orang di dunia menderita gangguan mental bipolar.

Tidak main-main, gangguan mental ini menjadi salah satu penyebab utama cacat pada orang hingga kematian karena bunuh diri.

Gejala Bipolar

Seperti yang dituliskan alodokter, gelaja utama dari bipolar adalah perubahan suasana hati yang bisa terjadi secara drastis. Perubahan bisa terjadi dalam hitungan jam, hari, hingga bulan.

Gejala-gejala bipolar adalah;

– Perasaan bahagia atau antusias
– Semangat menggebu-gebu
– Berkurang minat pada kegiatan atau pekerjaan
– Sulit tidur
– Insomnia
– Perasaan bersalah yang berlebihan

Hingga sekarang, penyebab dari bipolar belum diketahui secara pasti. Meski demikian, bipolar juga diduga memiliki indikasi genetic, faktor lingkungan, dan gaya hidup.

Pengobatan Bipolar

Metode pengobatan bipolar bisa dilakukan dengan memberikan obat, serta psikoterapi. Ini bertujuan untuk mengurangi seringnya gejala yang muncul agar penderita bisa beraktivitas seperti biasa. Obat-obatan juga harus sesuai dengan resep dokter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru