HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pihak Kepolisian melakukan penutupan jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, imbas dari demo buruh yang dilakukan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10).

Pantuan Holopis.com di lapangan pada pukul 10.25 WIB, kendaraan dari arah Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Istana Negara Jakarta atau kawasan Harmoni sudah tidak bisa melintas. Kemudian, Jalan Medan Merdeka Barat di kedua arahnya pun sudah diblokir oleh polisi untuk kendaraan umum maupun pribadi.

Medan Merdeka Barat
Jalan Medan Merdeka Barat di depan Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ditutup oleh Polri untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa dari elemen buruh hari ini, Rabu 12 Oktober 2022. [foto : Holopis.com/RPG]
Sebelumnya diberitakan, Buruh akan kembali turun ke jalan, tujuannya adalah untuk menyuarakan tuntutan mereka kepada pemerintah.

Menurut Presiden Partai Buruh Said Iqbal, ada sekitar 50 ribu buruh yang akan ikut di dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan di Istana Merdeka pada 12 Oktober 2022 hari ini.

Aksi ini tidak hanya di Jakarta, tetapi di 31 provinsi yang lain juga melakukan hal yang sama dengan titik aksi di kantor gubernur masing-masing provinsi. Kemudian, mereka juga akan tetap membawa 6 tuntutan yang sama.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Said Iqbal dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Rabu (12/10).

“Dalam aksi ini, setidaknya ada 6 tuntutan yang akan diusung. Selain menolak PHK, buruh juga menyuarakan penolakan terhadap kenaikan harga BBM, tolak omnibus law UU Cipta Kerja, Naikkan UMK/UMSK tahun 2023 sebesar 13 persen, wujudkan reforma agraria, dan sahkan RUU PRT,” kata Iqbal.