HOLOPIS.COM, JAKARTA – Irjen Pol Teddy Minahasa Putra ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim), menggantikan Irjen Pol Nico Afinta.

Berdasarkan penelusuran Holopis.com dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) melalui laman resmi elhkpn.kpk.go.id, Teddy ternyata seorang Jenderal Polisi paling tajir di Indonesia, dengan kekayaan lebih dari Rp29 miliar.

Harta puluhan miliar rupiah itu terdiri atas 53 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Pandeglang, Pasuruan, Pesawaran, dan Malang. Nilai jual dari 53 bidang tanah dan bangunan milik jenderal bintang dua itu ditaksir mencapai Rp25,8 miliar.

Tak hanya itu, Teddy juga tercatat memiliki empat unit kendaraan mewah, diantaranya mobil Jeep Wrangler tahun 2016 senilai Rp750 juta. Kemudian, Toyota FJ 55 tahun 1970 senilai Rp75 juta, Toyota Land Cruiser HDJ 80R tahun 1996 senilai Rp600 juta, dan motor Harley Davidson Solo 2014 senilai Rp650 juta. Jika ditotal, ke-empat kendaraan itu memiliki estimasi harga mencapai lebih dari Rp2 miliar.

Lebih lanjut, Teddy juga diketahui memiliki harta bergerak lainnya dengan jumlah mencapai Rp500juta, surat berharga senilai Rp62,5 juta, serta kas dan setara kas sebesar Rp1.5 miliar lebih.

Total kekayaan tersebut membawa Teddy berada di urutan teratas daftar polisi paling tajir, menggeser posisi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang memiliki harta sebanyak Rp27 miliar.

Teddy tercatat hanya satu kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK, yakni pada Maret 2022 lalu saat awal menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).