HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengklaim bahwa pemerintah tidak bisa ikut campur urusan internal PSSI

Dimana tuntutan tersebut menyusul munculnya petisi untuk menuntut Mochamad Iriawan, atau biasa disebut Iwan Bule mundur dari kursi Ketua Umum setelah terjadinya tragedi kanjuruhan.

“Pemerintah tidak mungkin bisa masuk ke dalam urusan itu.Tidak mungkin kita juga melakukan intervensi dalam berbagai hal,” ungkap Menpora Amali dalam keterangan yang didapat Holopis.com, Selasa (11/10).

“Terhadap kegiatan keolahragaan, pemerintah memfasilitasi dan memberikan bantuan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Kita sudah punya pijakan kita adalah UU No. 11 tentang keolahragaan,” sambungnya.

Menpora Amali menjelaskan bahwa, urusan federasi sepakbola nasional ada federasi internasionalnya, dalam hal ini FIFA.

“Urusan federasi nasional, ada federasi internasionalnya. Kami, Pemerintah, memberikan yang terbaik untuk olahraga Indonesia tanpa mencampuri urusan internal federasi masing-masing. Bukan hanya cabang olahraga (cabor) sepakbola, tetapi berbagai cabor kita perlakukan sama,” katanya.

Selain itu, Menpora Amali juga kembali menegaskan bahwa pemerintah juga tidak bisa mengevaluasi PSSI.

“Pemerintah tak mengevaluasi individu. Tunggu saja hasil dari tim gabungan independen (TGIPF). Kami tidak bisa memberikan kesimpulan, sementara tim ini masih bekerja,” tukasnya.