HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memastikan bakal capres-cawapres yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan kader partai politik (parpol).

Menurut Airlangga, pihaknya bersama parpol lainnya yang tergabung KIB yakni PKB dan PPP telah sepakat untuk mengusung capres-cawapres yang memang selama ini berkiprah di partai.

“KIB itu mempunyai calon tersendiri dan KIB sudah bersepakat bahwa calon itu adalah yang berkiprah di partai,” ujar Airlangga dalam sebuah talkshow yang dikutip Holopis.com, Selasa (10/10).

Airlangga menuturkan, bahwa tujuan dan fungsi dari parpol sendiri sejatinya untuk melahirkan para calon pemimpin bangsa di semua jenjang.

Oleh sebab itu, ia menegaskan KIB akan kader-kader parpol untuk menjadi capres-cawapres di Pilpres 2024 yang akan datang.

“Ya tentu kita akan terus mendorong bahwa tujuan dari partai politik tentu arahnya ke sana,” katanya.

Meskipun begitu, Airlangga masih enggan untuk menyebutkan bakal capres dan cawapres yang akan diusung KIB.

Menurutnya, ada waktu khusus untuk mengumumkan capres-cawapres. KIB, kata dia, tetap membuka komunikasi dengan partai lain, termasuk dengan PDIP untuk menyongsong Pemilu 2024.

“Jadi, tentu seluruhnya kita hanya mendorong untuk persamaan persepsi ke depan itu kita harus terutama bagi negara yang bukan hanya Indonesia menghadapai ketidakpastian, kita harus menyukseskan kepemimpinan dan pembangunan bapak Presiden Jokowi sampai tahun 2024 dan ini juga harus kawal bersama, apalagi KIB seluruhnya berada di pemerintah,” ucapnya.

Airlangga menegaskan, pihak ya Selain itu, Airlangga mengatakan KIB akan mendorong politik yang lebih teduh ke depannya. Termasuk, kata dia, persaingan untuk meraih kemenangan dilakukan dengan cara-cara yang wajar saja.

“Kita dorong politik yang lebih sejuk, politik yang tidak memojokkan salah satu kelompok dan tentu menghindari politik identitas. Nah, kenapa ini penting? Karena kita ingin agar dalam membawa bangsa ini ke depan itu sifatnya inklusif. Semua terlibat,” tegasnya.