HOLOPIS.COM, JAKARTA – Isu mengenai apakah para member BTS juga ikut diwajibkan menjalani wajib militer masih menjadi perbincangan hangat di Korea Selatan.

Hal itu karena, sama seperti pria dewasa lainnya di Korea Selatan, para member BTS sudah cukup umur untuk menjalani kewajiban negara yaitu wajib militer.

Namun ada beberapa pengecualian yang diberlakukan sesuai peraturan, yaitu bagi mereka yang sudah mengharumkan nama bangsa di mata internasional, dan memiliki prestasi-prestasi tertentu, tak lagi wajib mengikuti wamil.

Namun pertanyaannya, apakah member BTS termasuk mereka yang tak perlu lagi menjalani wamil karena segudang prestasinya di mata dunia?

Dikutip Holopis.com dari Soompi, Minggu (9/10), Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Park Bo Kyun mengatakan, keputusan wamil BTS akan diputuskan pada bulan Desember.

“Kami meninjau masalah ini secara komprehensif dan melihat berbagai aspek, dengan melihat bahwa pertahanan nasional adalah tugas suci,” kata Park Bo Kyun.

Ia juga menjelaskan bahwa BTS adalah para sosok yang telah membuat Korea Selatan dikenal sebagai pelopor budaya ‘K’ (K-pop, K-Drama, dll) dan membantu ekonomi negara.

“BTS telah membuat Korea dikenal dengan budayanya, dan menciptakan efek riak ekonomi yang besar,” lanjutnya.

Jika keputusan mengatakan bahwa member BTS bebas dari wamil, maka semua member akan mengharumkan nama negaranya dengan cara lain seperti berkarya.

Namun jika keputusan mengatakan BTS harus tetap menjalani wajib militer, maka Jin BTS yang sudah berusia 29 tahun harus segera menjalani wamil, sementara member lainnya yang masih lebih muda harus mendaftar wajib militer.