HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan FIFA Security Officer, Timmy Setiawan mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi kepada Menteri PUPR mengenai audit stadion di Indonesia.

Diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya menyampaikan bahwa akan memerintahkan Menteri PUPR untuk mengaudit total seluruh stadion yang digunakan untuk Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3.

Hal itu disampaikannya berkaca pada tragedi Kanjuruhan yang menelan lebih dari 130 korban jiwa. Maka dari itu, Presiden Jokowi mendorong seluruh pihak untuk sama-sama memperbaiki tata kelola pertandingan sepakbola di Indonesia.

Rencana Presiden Jokowi pun disambut baik oleh Timmy Setiawan, dimana ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan langkah yang paling tepat.

“Audit itu ada beberapa maksud, bisa di audit strukturnya, bisa diaudit sistem evakuasinya, sistem penyelenggarannya, mekanikelnya, kemudian elektrikal, detector, kemudian sistem-sistem yang semuanya tentunya akan menunjang kerjanya atau berjalannya suatu pertandingan,” ucap Timmy dalam acara Ruang Tamu Holopis Channel, Jumat (7/10).

Timmy mengatakan, apabila infrastrukturnya sudah sangat mendukung, maka akan memudahkan Security Officer pertandingan juga.

“Jadi nanti ada konsep bahwa seluruh stadion itu harus pakai individual seat, tidak boleh lagi yang panjang, pakai nomor, dan tiket dicetak sesuai nomor. Sebaiknya lebih sedikit dari kursi yang tersedia sehingga semua bisa tertib di tempat kursi masing-masing,” sambungnya.

Timmy menambahkan bahwa, pemerintah sudah seharusnya membenahi terlebih dahulu dari segi legal aspeknya, mungkin dimulai dari sertifikat fungsi suatu bangunan.

“Setahu saya tidak banyak stadion yang sudah menyelesaikan tugas itu. Karena dari situ sudah ada sharing tanggung jawab. Bukan hanya pelaksana pertandingan saja, tapi pemerintah kota, pemerintah provinsi juga bertanggung jawab,” tutupnya.