HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapan bahwa dirinya telah memerintahkan seluruh jajaran TNI untuk memanfaatkan lahan kosong.

Mantan Danjen Kopassus itu juga memerintahkan Prajurit TNI diminta bekerja dengan pemerintah setempat untuk pemanfaatan lahan demi mengantisipasi apabila krisis pangan dan energi menghampiri Indonesia.

“Seluruh jajaran TNI kami dorong juga untuk persiapan setiap lahan tidur harus kita manfaatkan, kita kerja sama dengan pemerintah daerah, kabupaten, kota madya provinsi, dan juga swasta, HGU, HPH, yang kurang dimanfaatkan hendaknya kita manfaatkan untuk pangan dan energi,” kata Prabowo dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Rabu (5/10).

Prabowo kemudian mengajak semua pihak untuk tetap waspada sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar semua elemen bangsa kompak.

“Jadi kita harus kompak. Kita harus kompak, kita harus waspada, kita harus jaga kemampuan keuangan kita,” tegasnya.

Presiden Jokowi pun saat ini menurut Prabowo, terus berupaya untuk menyiapkan segala langkah taktis demi menjaga kecukupan pangan rakyat Indonesia apabila krisis tiba.

“Saya kira pemerintah bekerja keras, presiden bekerja keras. Dan bisa dikatakan tiap minggu kita rapat soal pangan dan energi. Rapat terbatas soal pangan dan energi. Kalau dulu enam bulan sekali, kalau sekarang tiap minggu,” jelasnya.

Prabowo pun kemudian bersyukur produksi pertanian di Indonesia cukup baik serta cadangan makanan diberikan cukup berlimpah.

“Jadi kita termasuk negara yang sangat beruntung dibandingkan banyak negara lain ya. Oleh PBB, FAO, saat ini kurang lebih sudah ada 300 juta lebih orang-orang di beberapa negara yang kelaparan. 300 juta sudah kelaparan. Famine. Accute hunger. Dan tiap hari kurang lebih 15 ribu orang mati di dunia karena kelaparan. Ini angka-angka terakhir kita dapatkan,” terangnya.