HOLOPIS.COM, JAKARTA – Umumnya setiap daerah di Indonesia memiliki minuman tradisional yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, minuman dari Sumatera Barat yang terkenal akan khasiatnya yaitu Teh Talua atau sering dikenal dengan sebutan Teh Telur.

Teh Talua atau teh telur sering dijumpai di lapau, warung tradisional Minangkabau, hingga restoran Padang. Teh Talua/Teh Telur memiliki cita rasa yang nikmat, walau menggunakan telur tapi tidak terasa bau amisnya, loh Sobat Holopis. Bahan penggunaannya juga sederhana dan sangat mudah ditemui.

Yuk, ikuti resep Teh Talua/Teh Telur Khas Sumatera Barat yang kaya akan khasiatnya

Bahan :

2 sendok makan teh bubuk (bisa teh cap botol warna hijau)

1 buah telur ayam kampung

1 sendok makan gula pasir

1 sendok teh susu kental manis

1 ruas jari kayu manis

1 buah jeruk nipis

Cara Membuat Teh Talua :

Langkah Pertama, pisahkan putih telur dengan kuning telur, bagian kuning telur yang akan digunakan dalam pembuatan Teh Talua, putih telur bisa disisihkan.

Langkah Kedua, setelah menyiapkan kuning telur, tambahkan satu sendok makan gula pasir, diaduk sampai merata hingga gulanya hancur.

Langkah Ketiga, masukan teh yang telah diseduh/teh disarankan kental dan pekat. Lalu masukan juga susu kental manisnya

Langkah Keempat, gunakan alat bantu pengocok, biasanya masyarakat asli Minangkabau menggunakan lidi atau tusuk sate dikumpulkan dan diikat untuk mengocok racikan teh talua.

Langkah kelima, masukan kayu manis diatas teh telur, digunakan sebagai alat pengaduk dan tidak lupa masukan bubuk kayu manis, dan perasan jeruk nipis secukupnya.

Untuk Sobat Holopis, bisa coba resep tersebut dan meminum teh talua/teh telur disaat sebelum melakukan pekerjaan dan aktivitas untuk mencegah lelah. Atau bisa meminumnya setelah melakukan aktivitas pekerjaan untuk mengembalikan energi yang telah terkuras.