Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizPopularitas NFT Semakin Menurun Sejak Pertengahan Tahun 2022

Popularitas NFT Semakin Menurun Sejak Pertengahan Tahun 2022

HOLOPIS.COM, JAKARTA – NFT atau non-fungible token yang sempat ramai beberapa waktu lalu, saat ini penjualannya mulai menurun terhitung sejak pertengahan tahun 2022.

Hal tersebut berdasarkan data laporan dari firma pelacak blockchain DappRadar, yang dilansir Holopis.com dari Reuters, Selasa (4/10). Laporan tersebut menyebutkan, pada kuartal ketiga 2022 penjualan NFT senilai 3,4 miliar dolar Amerika Serikat.

Angka tersebut turun dibandingkan kuartal kedua tahun ini, sebanyak 8,4 miliar dolar Amerika Serikat. Dibandingkan kuartal pertama 2022, puncak popularitas NFT, penjualan pada kuartal ketiga turun 12,5 miliar dolar, berdasarkan laporan DappRadar.

Popularitas NFT meledak pada 2021, saat itu spekulan kripto berlomba-lomba mencairkan aset mereka. Popularitas NFT disokong oleh nilai tukar mata uang kripto yang sedang tinggi dan investor yang berani mengambil risiko tinggi pada 2021.

Kondisi ini berubah pada 2022, bank sentral menaikkan suku bunga sehingga investor melepas aset berisiko. Nilai tukar Bitcoin saat ini sekitar 19.000 dolar AS, turun jauh dibandingkan pada November senilai 69.000 dolar.

Penjualan di lokapasar terbesar NFT OpenSea juga turun selama lima bulan berturut-turut per September.

“Saya rasa apa yang unik pada lingkungan ini adalah pertemuan antara penurunan ekonomi makro dan musim dingin kripto,” kata CEO OpenSea Devin Finzer.

Pelacak pasar kripto NonFungible.com menemukan jumlah pembeli mingguan NFT turun lebih dari separuh dibandingkan masa jaya kripto pada Januari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.