Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizPemerintah Naikkan Plafon KUR Jadi Rp470 Triliun Tahun Depan

Pemerintah Naikkan Plafon KUR Jadi Rp470 Triliun Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk memberikan bantuan pembiayaan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melaui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Airlangga menuturkan, plafon kredit usaha berbunga rendah itu akan ditambah, dari yang semula 373,17 triliun menjadi Rp470 triliun di tahun depan. Hal tersebut disampaikan Airlangga dalam acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas’ di Jakarta pada Senin (3/10).

“Pemerintah juga telah memberikan bantuan pembiayaan melalui KUR dengan plafon tahun 2022 sebesar Rp373,17 triliun dan tahun depan akan meningkat menjadi Rp470 triliun,” kata Airlangga yang dikutip Holopis.com dari tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/10).

Selain plafon, porsi kredit untuk UMKM di tahun 2024 mendatang juga akan dinaikkan hampir dua kali lipat, dari yang saat ini sebesar 18,4 persen menjadi 30 persen.

“Porsi kredit UMKM ditingkatkan menjadi 30 persen pada tahun 2024, sedangkan saat ini porsi kredit UMKM terhadap total kredit baru sebesar 18,4 persen,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan pengembangan UMKM dalam rangka Pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia. UMKM menjadi primadona Pemerintah karena sektor tersebut selama ini memberikan andil yang besar terhadap ketahanan perekonomian nasional.

Tercatat pada tahun 2021, UMKM telah memiliki sektor bisnis dengan jumlah mencapai 64,19 juta UMKM dan telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 61,07 persen atau senilai Rp8.574 triliun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.