HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta pihak kepolisian untuk mengusut setuntas-tuntasnya soal tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa.

Dilansir Holopis.com dari situs Kemenpora, Selasa (4/10), Bambang Soesatyo juga turut meminta pemerintah melalui Kepolisian untuk melakukan penyelidikan mendalam dengan mengungkapkan latar belakang terjadinya kerusuhan.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut juga meminta pihak kepolisian untuk kembali memastikan jumlah korban yang ada.

“Ketiga mengusut siapa yang memerintahkan penembakan gas air mata. Keempat, secara terbuka menjelaskan ke masyarakat siapa yang bertanggung jawab terhadap kasus tersebut,” sambungnya.

“Kelima, pihak kepolisian harus tegas menerapkan sanksi hukum sesuai hukum positif yang berlaku kepada pihak yang terbukti melakukan pelanggaran hukum atau tindak pidana dalam kejadian dimaksud,” tambahnya.

Kemudian Bamsoet juga mendorong pemerintah setempat untuk memberikan santunan kepada seluruh korban, baik korban meninggal dunia maupun yang mengalami luka.

“Meminta pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, PSSI, dan Panitia Liga Sepak bola Indonesia melakukan langkah antisipasi dan pembenahan tata kelola dunia sepak bola ke depannya, agar menjadi lebih tertib dan baik, termasuk terhadap koordinator supporter tim sepak bola agar dapat menjaga sikap untuk memberi image baik dunia sepak bola Indonesia di mata internasional,” tukasnya.