Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Siapkan Insentif untuk Investor Proyek IKN

Jokowi Siapkan Insentif untuk Investor Proyek IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko WIdodo (Jokowi) tengah mempersiapkan sejumlah langkah dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Nantinya, pemerintah akan memberikan insentif untuk para investor hingga mendirikan badan usaha khusus yang dikelola oleh Badan Otorita IKN.

Hal itu disampaikan Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono usai menghadiri rapat internal bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (4/10).

Bambang menuturkan, setidaknya ada tiga hal tengah dipersiapkan pemerintah dalam membangun IKN yang layak huni sekaligus loveable. Pertama yakni menyelesaikan rancangan insentif bagi para pelaku usaha yang akan menjalankan usahanya di IKN Nusantara.

“Ada insentif fiskal dan non fiskal yang dirancang bersama-sama dengan Kementerian Investasi/BKPM dan tim dari Kementerian Keuangan dan Bappenas, terkait para investor nanti dapat menanamkan modalnya di IKN Nusantara dengan sebaik-baiknya,” kata Bambang seperti dikutip Holopis.com dari laman resmi Setkab.go.id, Selasa (4/10).

Kedua, Badan Otorita IKN juga tengah mempersiapkan terbentuknya badan usaha milik Otorita. Bambang mengatakan, pihaknya telah menerima banyak masukan dari Kadin Indonesia, salah satunya tentang bagaimana kelincahan dari Otorita IKN bisa diwujudkan.

“Tentu nanti akan berpartner, lakukan deal-deal dan lakukan strukturisasi ataupun financial engineering dengan pelaku-pelaku usaha lainnya. Dengan harapan agar ini dapat tercipta suatu iklim usaha yang baik dan berkelanjutan. Jadi sustainibility dari iklim usahanya juga akan kita perhatikan dengan baik ke depannya,” bebernya.

Terakhir, Otorita IKN bersama Kadin Indonesia akan melakukan penjajakan (market sounding) yang dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Hal ini dilakukan untuk membuka peluang investasi di ibu kota negara baru yang rencananya akan dibangun di Kalimantan Timur itu,

“Jadi mudah-mudahan pada pertengahan Oktober ini kita akan melakukan itu dengan mengundang para potensial investor. Kita akan lakukan dialog di satu forum yang ditunggu oleh banyak pihak untuk mengetahui seberapa jauh kita nanti sudah mempersiapkan apa-apa yang harus kita bangun, kita upayakan,” tuturnya.

“Itu agar iklim usaha, iklim investasi, paling penting adalah kota itu sendiri kita siapkan. Sehingga kita punya kota yang benar-benar green, smart, inklusif, resilien, dan paling penting sustainable ke depannya,” pungkas Bambang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.