Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizGempa Tapanuli Utara Bikin Harga Cabai di Medan Naik Jadi Rp40.500

Gempa Tapanuli Utara Bikin Harga Cabai di Medan Naik Jadi Rp40.500

HOLOPIS.COM, MEDAN – Gempa berkekuatan magnitudo 6.0 yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada Sabtu (1/10) lalu berdampak negatif terhadap harga pangan, khususnya harga cabai di Kota Medan.

Pengamat Ekonomi, Gunawan Benjamin menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi lantaran komoditas pangan, terutama cabai di Kota Medan dipasok dari Tapanuli Utara.

Berdasarkan catatannya, harga cabai merah di medan pada perdagangan hari ini dijual di harga Rp40.500 per kilogram, naik 11 persen dari perdagangan sebelumnya yang berkisar Rp36.500 per kilogram.

“Walau demikian, kondisi tersebut belum akan merubah ekspektasi penurunan harga cabai di bulan Oktober ini. Karena temuan kita di sejumlah sentra produksi cabai merah di wilayah Karo dan sekitarnya. Banyak petani yang menunda memanen cabainya untuk mengendalikan harga cabai di Kota Medan agar tetap bertahan stabil,” kata Gunawan dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Selasa (4/10).

Sejauh ini, lanjutnya, sejumlah petani mengkhawatirkan adanya tren penurunan harga cabai di Kota Medan karena pasokan cabai dari Tapanuli Utara yang bisa saja datang secara tiba-tiba.

“Tentunya hal tersebut akan berdampak pada potensi penurunan harga cabai di tingkat petani,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Gempa yang tejadi di Tapanuli Utara beberapa waktu lalu menyebabkan sebanyak 962 rumah rusak. Gempa tersebut juga menyebabkan 24 orang luka-luka dan 962 jiwa terdampak.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.