Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

RESEP : Ikan Sambal Seruit Khas Lampung, Segar dan Nampol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lampung sering kali identik dengan menara siger, panorama alamnya yang indah dan makanan khasnya. Salah satu makanan khas Lampung paling dicari-cari adalah Seruit. Makanan tersebut, berbahan utama tempoyak durian, sambal terasi yang dipadukan dengan ikan bakar/goreng dan ditambah sedikit air jeruk.

Makanan Khas Lampung yang satu ini, memiliki nilai filosofi mendalam. Masyarakat setempat menyebutnya dengan ‘nyeruit’ yang artinya makan bersama teman atau keluarga. Nyeruit dimaknakan berupa ajakan yang memiliki nilai kebersamaan yang kuat.

Yuk, ikuti resep dibawah ini Sobat Holopis :

Bahan Ikan Goreng/Bakar :

2 ekor ikan nila

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 ruas jari lengkuas

1 ruas jari jahe

1 batang serai

1 ruas jari kunyit

1 sendok makan ketumbar

2 butir kemiri

1 buah jeruk nipis

garam secukupnya

penyedap secukupnya

Bahan Sambal Seruit :

10 buah cabai rawit merah

10 buah cabai rawit hijau

10 buah cabai merah keriting

12 buah tomat rampai (kecil)

8 siung bawang merah

2 sachet terasi/2 sendok makan terasi

1 buah jeruk nipis

Cara Memasak :

1. Haluskan bawang merah, putih, lengkuas, jahe, serai, kunyit, ketumbar, kemiri. Setelah halus bumbu kuning dilumuri ke ikan nila yang sudah dicuci bersih dan disirami air jeruk nipis.

2. Ikan yang telah dibumbui, dapat didiamkan selama 30 menit agar meresap. Setelah 30 menit, ikan dapat digoreng atau dibakar opsional sesuai selera sobat holopis. Di resep kali ini ikan dibakar, tidak lupa oleskan dengan kecap manis.

3. Pembuatan sambal seruit, ulek semua bahan sampai halus (tingkat kehalusan opsional sesuai selera), tambahkan garam, penyedap dan terakhir air perasan jeruk nipis.

4. Sajikan ikan nila bakar dengan sambal seruit dan sambal tempoyak durian (opsional).

Ikan Sambal Seruit memiliki cita rasa paket komplit, dengan rasa asin, pedas, asam segar, dan rasa gurih dari ikan bakar. Makan Ikan Sambal Seruit cocoknya dipadukan dengan nasi putih, lalapan baik yang mentah maupun matang, pasti dijamin buat ketagihan dan nambah terus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru