Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Panglima TNI Akui Anggotanya Bersikap Represif di Stadion Kanjuruhan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa pihaknya tidak mentolerir sikap para anggotanya yang kedapatan melakukan tindakan represif saat pengamana di stadion Kanjuruhan.

Mantan KSAD itu bahkan mengancam akan langsung mempidanakan anggotanya yang terbukti melakukan tindakan kekerasan kepada masyarakat dengan dalih apapun itu.

“Kita tidak akan mengarah pada disiplin. Tetapi pidana, karena memang itu sudah sangat berlebihan,” kata Andika dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Senin (3/10).

Andika menyampaikan, saat ini pihaknya sudah melakukan investigasi serta upaya hukum berkenaan tragedi tersebut.
Jika benar ditemukan tindakan represif yang dilakukan anggotanya, Dia pun memastikan itu sudah di luar kewenangan prajurit TNI.

Andika pun turut meminta bantuan masyarakat mengirim berbagai video lain berkenaan tragedi di Kanjuruhan.

Dengan tambahan barang bukti, Andika berharap investigasi aksi represif prajurit TNI dapat terbuka dan ada titik terang.

“Lantaran memang tidak boleh terjadi lagi. Dan bukan tugas mereka untuk melakukan yang terlihat di video tersebut,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Andika menilai prajurit yang melakukan tindak represif tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan. Andika mengungkapkan, tindak kekerasan yang dilakukan bukan dalam rangka mempertahankan diri, melainkan menyerang supporter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru