Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ukraina Setuju Damai dengan Rusia, Tapi…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy bersedia mengadakan dialog dengan Rusia, namun dengan catatan tertentu.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya saat mengumumkan penyelesaian penandatanganan dokumen aplikasi dengan NATO. Dengan begitu, Ukraina secara resmi memiliki ikatan aliansi militer dengan blok barat, dalam hal ini NATO.

“Kami mengambil langkah tegas kami dengan menandatangani aplikasi Ukraina untuk aksesi yang dipercepat ke NATO,” ungkap Zelenskyy, sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (1/10).

Pernyataan itu pun seiring dengan aneksasi Rusia terhadap empat wilayah Ukraina, yang kini telah resmi diproklamirkan sebagai daratan Kremlin di bawah kekuasaan Vladimir Putin.

Langkah Vladimir Putin tersebut kemudian ditanggapi dengan keras oleh Zelenskyy, yang mengatakan bahwa Rusia telah membuat sejarahnya sendiri dengan menyertakan kekerasan, pemerasan, penganiayaan hingga kebohongan belaka.

Meski begitu, Ukraina tetap berkomitmen dengan Rusia, bahwa Kyiv rela mengadakan dialog dengan kondisi yang setara, jujur, bermartabat dan adil.

“Dengan Presiden Rusia (Vladimir Putin) saat ini tidak mungkin. Dia tidak tahu apa itu martabat dan kejujuran. Karena itu, kami siap untuk berdialog dengan Rusia, tetapi dengan Presiden Rusia yang lain,” ujar Zelenskiy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru