Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Petani Ramai-ramai Tolak Penggunaan Bibit GMO di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Serikat Petani Indonesia (SPI) dengan tegas tegas menolak rencana pemerintah terkait pengembangan benih Genetic Modified Organism (GMO) di Indonesia dengan dalih apapun, termasuk peningkatan produktivitas sekalipun.

“SPI menolak dengan tegas rencana pemerintah untuk mengembangkan benih kedelai GMO dengan dalih peningkatan produktivitas,” kata Kepala Pusat Perbenihan Nasional (PPN) Dewan Pengurus Pusat SPI, Kusnan dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Selasa (27/9).

Menurutnya, pengembangan GMO tersebut menjadi ancaman ancaman bagi keanekaragaman hayati, seperti benih kedelai lokal yang ada di Indonesia.

Selain itu, penggunaan GMO juga dinilai menimbulkan efek negatif terhadap kemandirian sektor pertanian di Tanah Air.

“Penggunaan GMO hanya akan membuat petani tidak berdaulat akan benih dan semakin tergantung pada korporasi”, tegasnya.

Kusnan menyebut, upaya pemerintah mendorong penggunaan bibit GMO bertentangan dengan desain pembangunan pertanian Indonesia ke depannya, dimana pemerintah memiliki program 1.000 Desa Berdaulat Benih dan 1.000 Desa Organik.

“Kami ingin mengingatkan kembali janji-janji yang sudah diusung oleh pemerintah terkait kedaulatan pangan di Indonesia, yakni program 1.000 Desa Berdaulat Benih dan 1.000 Desa Organik,” tuturnya.

“Logikanya bagaimana mungkin kemandirian benih bisa tercapai kalau benih GMO perusahaan terus didorong. Ini adalah kemandirian palsu karena petani ditempatkan sebagai konsumen benih,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya mendorong pendekatan ketahanan pangan untuk mengatasi persoalan pangan dalam negeri dan ancaman krisis pangan yang mengintai.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menghadapi krisis pangan tersebut dengan terus mendorong program seperti Food Estate sampai dengan pengembangan GMO di Indonesia.

Namun, hasil dari langkah tersebut justru berbanding terbalik dengan apa yang diharapkan pemerintah. Dimana SPI menyoroti program Food Estate yang justru membuat masalah-masalah baru, yakni konflik agraria.

Bahkan lebih parahnya lagi, dampak dari program-program tersebut menimbulkan ketergantungan petani terhadap korporasi, seperti benih, pupuk, sampai ke pemasarannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru