Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizJokowi Stop Impor Aspal Mulai 2024

Jokowi Stop Impor Aspal Mulai 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa mulai 2 tahun dari sekarang, yakni di tahun 2024 mendatang, pemerintah akan menghentikan semua aktivitas impor aspal dari seluruh negara di dunia.

Jokowi minta agar di tahun 2024 nanti, produksi aspal seluruhnya akan berfokus di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Dia pun mempersilahkan PT Wika Bitumen, anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) yang selama ini menggarap pertambangan aspal di Pulau Buton untuk memaksimalkan seluruh potensi yang ada dengan pihak BUMN, swasta, bahkan dengan asing sekalipun.

“Tadi sudah kita putuskan, dua tahun lagi (tahun 2024) tidak ada impor aspal. Semuanya harus dikerjakan oleh Buton. Silakan, BUMN silakan, swasta silahkan, join dengan asing juga silakan,” kata Jokowi, Selasa (27/9).

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku prihatin Indonesia masih impor aspal dari negara lain. Padahal potensi tambang aspal yang dimiliki Pulau Buton sangat besar untuk digarap.

“Ini ada potensi besar di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu aspal, tambang aspal di Kabupaten Buton, yang problem adalah kita ini malah impor sampai kurang lebih 5 juta ton per tahun. Di sini produksi malah tidak jalankan, impor terus,” ujarnya.

Kepala Negara menyatakan, pemerintah menginginkan adanya nilai tambah dari aspal yang ada di Buton. Sebab, ada potensi 662 juta ton di Buton.

“Gede sekali, sehingga kalau setahun impor 5 juta ton, itu kita kira-kira masih 120 tahun bisa kita olah aspal yang ada di sini. Nilai tambah ada di sini, pajak ada di sini, royalti ada di sini, dividen ada di sini, dan pajak karyawan semuanya ada di sini,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia lantas berharap, agar ke depan Buton dapat kembali menjadi daerah industri penghasil aspal, bukan penghasil tambang aspal.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.