HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jepang menggelar prosesi pemakaman mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe di aula Nippon Budokan, Tokyo, pada Selasa (27/9).

Dilansir dari CNA, Selasa (27/9), prosesi pemakaman tersebut dikabarkan telah dimulai pukul 14.00 waktu setempat, abu dari mendiang Shinzo Abe telah dibawa ke Aula Nippon Budokan oleh sang istri yakni Akie Abe, yang turut dilengkapi dengan iringan musik hingga dentuman tembakan penghormatan

Prosesi pemakaman Shinzo Abe juga turut dihadiri oleh Wapres Amerika Serikat Kamala Harris hingga Wapres Indonesia yakni KH Ma’ruf Amin.

Selain itu, para pemimpin dunia juga hadir di acara tersebut seperti PM India Narendra Modi, PM Australia Anthony Albanese dan sejumlah pemimpin negara lainnya.

Tak sampai disitu, prosesi pemakaman juga dihadiri ribuan pelayat, dikatakan bahwa sekitar 10 ribu orang telah meletakkan bunga.

Sebagai informasi, mendiang Sinzho Abe merupakan Perdana Menteri PM Jepang terlama dan merupakan salah satu tokoh penting dunia dengan terobosannya bernama ‘Abenomics’, yang diartikan bahwa Abe dikenal karena telah sukses mengembangkan aliansi internasional dan strategi ekonominya.

Shinzo Abe sendiri mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Jepang pada tahun 2020 karena masalah kesehatan.

Kemudian mendiang Shinzo Abe tewas akibat ditembak pria bersenjata pada Jumat (8/7), dan menumbuhkan kecaman para pemimpin dunia atas aksi tersebut.