HOLOPIS.COM, JAKARTA – Eks Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM), Lambert Pekikir turut angkat bicara perihal mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

Mantan panglima organisasi terlarang di Papua itu meminta KPK untuk bersikap tegas. Dia juga meminta Lukas Enembe memenuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan.

“Jika merasa tidak bersalah dan kondisi kesehatan sudah memungkinan, saya minta Lukas Enembe untuk menyerahkan diri untuk diperiksa oleh pihak berwajib,” kata Lambert dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Lambert menegaskan, rakyat tak akan segan untuk membela kader Partai Demokrat itu jika memang tak bersalah. Bahkan dia mengaku bersedia menuntut KPK atas kasus pencemaran nama baik.

“Kalau Enembe tidak bersalah, kita semua rakyat akan berdiri dan tuntut nama baiknya karena dituduh tanpa bukti,” tuturnya.

Lambert mengingatkan, bahwa selama ini Lukas kerap menyampaikan pesan kepada masyarakat Papua untuk menjadi warga negara baik.

Menurutnya, panggilan pemeriksaan oleh KPK itu menjadi kesempatan bagi Lukas untuk memberikan contoh kepada warganya bagaimana menjadi warga negara yang baik.

“Pak Enembe kasih contoh, jadi warga negara yang baik itu seperti apa. Kalau tidak bersalah kenapa takut? Kalau takut berarti ada apa-apa. Pakai gerakan massa, lagi. Apakah itu contoh warga negara yang baik?” ujarnya.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus gratifikasi senilai Rp1 miliar. Gubernur Papua itu juga diketahui sudah dua kali mangkir dari pemeriksaan KPK.