HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Titik panas kembali terdeteksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Balikpapan, jumlahnya 129 lokasi yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Sebanyak 129 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga 17.00 Wita,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni di, Selasa (27/9).

Ilham juga mengatakan, sebanyak 75 titik panas juga ditemukan tiga hari sebelumnya di empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu telah padam setelah dilakukan penanganan.

129 titik panas itu tersebar di 7 kabupaten/kota, yakni di Kota Samarinda ada 1 titik panas dengan tingkat kepercayaan menengah. Kemudian di Kabupaten Paser 8 titik, tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Kuaro dan Muara Samu masing-masing 1 titik, Long Ikis, Pasir Belengkong, dan Kecamatan Muara Komam masing-masing ada 2 titik panas.

Kabupaten Penajam Paser Utara 3 titik, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Babulu ada 2 titik dan Kecamatan Penajam terdapat 2 titik. Lalu di Kabupaten Kutai Barat 32 titik, tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Jempang dan Barong Tongkok masing-masing 1 titik, Bongan 5 titik, Dilangputi 9 titik, Muara Pahu 3 titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai ada 13 titik.

Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi 19 titik panas, tersebar pada tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon 3 titik, Busang 4 titik, Muara Bengkal 3 titik, Muara Wahau 2 titik, Rantau Pulung 4 titik, Sangatta Selatan 1 titik, dan Kecamatan Telen 2 titik panas.

Untuk 10 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara, tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Muara Kaman 2 titik, Muara Jawa 1 titik, Sebulu 2 titik, Loa Kulu 2 titik dan Kecamatan Loa Janan 3 titik.

Kabupaten Berau yang terdeteksi 56 titik panas, tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Biatan 3 titik, Gunung Tabur 9 titik, Sambaliung 10 titik, Segah 16 titik, Tabalar 8 titik, dan Kecamatan Talisayan terpantau 10 titik panas.