HOLOPIS.COM, JAKARTA – Makanan manis menjadi pilihan yang cocok di kala perasaan sedang suntuk atau sedih. Makanan manis tersedia dengan berbagai varian, mulai dari es krim, cokelat, kue, permen, dan lainnya. Namun, di balik kelezatannya ada berbagai penyakit yang mengintai Sobat Holopis.

Berikut ini bahaya konsumsi makanan manis secara berlebihan :

1. Obesitas

Makanan manis meningkatkan risiko terkena obesitas lho Sobat Holopis. Hal tersebut lantaran kadar gula di dalam makanan manis mampu meningkatkan potensi terkena resistensi leptin.

Leptin adalah protein yang diproduksi di dalam sel lemak, kemudian berpindah ke aliran darah, dan terakhir ke otak. Protein ini juga berperan untuk memberikan alarm tubuh apakah masih lapar atau sudah kenyang. Oleh karena itu, resistensi leptin menyebabkan seseorang tidak berhenti makan karena tidak merasa kenyang.

2. Diabetes tipe 2

Penyakit ini memang tidak secara langsung disebabkan oleh konsumsi gula, melainkan karena berat badan yang berlebih atau obesitas.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, konsumsi gula berlebih merangsang tubuh tidak merasakan kenyang dan ingin terus makan. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh akan menerima kalori berlebih dari yang diperlukan.

3. Jerawat

Datangnya jerawat dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya makanan manis. Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat memperparah kondisi jerawat.

4. Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi gula 17-21% dari total kalori meningkatkan resiko penyakit jantung.

Hal tersebut lantaran, obesitas yang diakibatkan kadar gula berlebih meningkatkan glukosa dalam darah. Seiring berjalannya waktu akan menyebabkan penyakit jantung.

5. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan berlebihan konsumsi gula. Kondisi tersebut, dikarenakan obesitas yang menyebabkan penyakit jantung, yang dapat berkembang menjadi hipertensi. Kondisi terparahnya adalah serangan jantung dan stroke.