HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tetangga adalah orang terdekat yang dibutuhkan saat mengalami kesulitan. Meskipun menjadi orang yang siap membantu kapan saja, ada saja tingkahnya yang membuat Sobat Holopis geleng-geleng kepala, seperti rasa ingin tahunya yang tinggi (kepo), mempermasalahkan urusan Sobat Holopis, membicarakan keburukan, hingga menyebar fitnah.

Walaupun bikin pusing, ada loh cara ampuh untuk menghadapi tetangga yang suka menyebabkan masalah. Ini dia caranya :

1. Cuek

Cuek
Cuek

Sangat sulit untuk menyuruh orang julid diam, sehingga cara yang paling efektif mengabaikan komentar buruknya. Sobat Holopis yang tidak memberikan reaksi apapun dan terlihat cuek akan membuatnya kesal dan berhenti berceloteh.

Memang mengabaikan suara miring sulit, lakukan cara ini secara perlahan. Jangan biarkan omongannya masuk ke perasaan dan buat Sobat Holopis sakit hati.

2. Tegur langsung jika sudah kelewatan

Tegur
Tegur

Ada pepatah ‘diam itu emas’, namun tidak semua hal dapat disikapi dengan diam. Jika langkah pertama tidak memberikan dampak, maka cara ini dapat Sobat Holopis coba.

Jika memang omongan tersebut sudah sangat keterlaluan, Sobat Solopis dapat menemui orang tersebut dan membicarakan masalah agar segera selesai. Cara ini juga bisa memberikan pelajaran untuk dia agar tidak sembarangan terhadap orang.

3. Jaga Jarak

Hindari tetangga julid
Hindari tetangga julid

Untuk kedamaian hidup Sobat Holopis, menjaga jarak dengan tetangga julid harus dilakukan. Hal ini bisa menghindarkan diri dari perasaan negatif lantaran mendengar ocehannya yang menyakitkan.

Selain itu, cara ini dapat menghindarkan Sobat Holopis tertular sifat julid karena tidak bergaul dengannya.

4. Jangan dibalas dengan cara yang sama

Tingkatkan kemampuan
Tingkatkan kemampuan

Kesal dengan orang yang julid memang wajar, tapi jangan membalasnya dengan cara yang sama karena hal tersebut, menunjukkan Sobat Holopis tidak ada bedanya dengan dia.

Selain itu, cara ini juga tidak akan membuat hati menjadi lega, bisa jadi malah semakin panas karena ada pihak ketiga yang menjadi kompor. Lebih baik, balas dengan pribadi yang lebih baik lagi dan menjadi semakin sukses.