HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peti Jenazah Ratu Elizabeth II, dibawa menggunakan mobil jenazah dengan basis sedan Jaguar XJ 2010 yang dimodifikasi. Ternyata sebelum beliau meninggal, ia juga turut merancang modifikasi mobil tersebut.

Dilansir dari Bazaar, Rabu (21/9), model modifikasi mobil jenazah itu dirancang oleh The Royal Household bersama dengan Jaguar Land Rover. Sebelum dikerjakan, dikonsultasikan desainnya ke Ratu Elizabeth II yang akhirnya setuju dengan modelnya.

Mobil jenazah ini pertama kali digunakan pada 13 September, yang membawa peti mati Ratu dari RAF Northolt ke Istana Buckingham. Ubahan mobil jenazah ini, dikustom oleh Wilcox Limousines, yang berbasis di Wigan.

Modifikasi yang dilakukan, yakni penggunaan kaca jendala berukuran besar dengan bagian atas kaca bening dilengkapi dengan lampu sorot untuk menerangi peti mati.

Hal tersebut dilakukan, agar para pelayat bisa dengan leluasa melihat langsung peti mati Ratu saat melakukan perjalanan dari Westminster Abbey ke Windsor. Sandi kerajaan pribadi Ratu juga ada di sisi mobil jenazah.

Beberapa perubahan lain pada mobil Jaguar ini antara lain pilar atap yang tipis dan atap yang lebih tinggi. Mobil ini memiliki warna Royal Claret, warna yang sama dengan kendaraan kerajaan yang disimpan di Royal Mews.

Mobil Jaguar yang mengantarkan jenazah Ratu Elizabeth II ini memiliki maskot bergambar St George berlapis perak yang membunuh naga. Maskot khusus George and Dragon dipasang di atas kap mobil, yang merupakan salah satu ciri khas dari mobil Rolls-Royce Phantom milik Ratu Elizabeth II.

“Mobil jenazah Kerajaan telah dirancang untuk memungkinkan anggota masyarakat memiliki pandangan yang jelas tentang Peti Mati Yang Mulia saat melakukan perjalanan melalui London dan Windsor,” kata seorang juru bicara Istana Buckingham dilansir dari Express.