HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas membeberkan 3 (tiga) skenario terkait rencana penghapusan tenaga honorer.

Azwar mengatakan, pihaknya nanti akan memilih salah satu dari tiga skenario tersebut saat penghapusan tenaga honorer yang akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang.

Skenario pertama adalah seluruh tenaga honorer diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Namun, pada skenario pertama ini tentu berdampak pada beban negara yang akan semakin berat.

“Tapi ini akan menjadi beban yang berat bagi negara, dan kompetensi birokrasi kita juga tentu akan ada problem di beberapa titik, yang ketika rekrutmennya kualitasnya diperhatikan,” kata Azwar Anas, Rabu (21/9).

Skenario kedua adalah pemberhentian tenaga honorer seluruhnya. Kemudian skenario ketiga adalah tenaga honorer diangkat menjadi ASN berdasarkan skala prioritas.

“Yang lain bukan tidak prioritas, tapi diselesaikan secara bertahap,” terang Azwar.

Ketiga skenario tersebut, lanjut Azwar, akan didiskusikan bersama Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dan Komisi XI DPR RI.