HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat, terutama warga Jakarta.

Apalagi di situasi pasca pandemi saat ini, dimana masyarakat berbondong-bondong mencari tempat liburan untuk mengusir penat, atau bahkan hanya sebatas berkumpul meluangkan waktu bersama keluarga, teman dan lain sebagainya.

Beberapa syarat masuk Kebun Binatang Ragunan pun harus dipenuhi agar bisa menikmati tempat wisata tersebut, dimana salah satu syaratnya yakni mengisi form atau daftar secara online terlebih dahulu H-1 sebelum kedatangan.

Namun, sebagian masyarakat sebelumnya sempat mengeluh dengan syarat mengisi daftar online tersebut, karena yang datang ke Kebun Binatang Ragunan tak hanya warga Jakarta, tapi juga luar daerah hingga wisatawan mancanegara.

Meski begitu, Staff Layanan Informasi dan Kehumasan Unit Pelayanan Taman Margasatwa Ragunan (UPTMR), Wahyudi Bambang menjelaskan bahwa saat ini syarat tersebut sudah dihilangkan.

“Saat ini daftar online H-1 sebelum kedatangan sudah ditiadakan, bisa on site langsung,” ujarnya, saat ditemui tim Holopis.com.

Selain itu, Wahyudi juga menjelaskan bahwa syarat lain yang harus dipenuhi pengunjung saat ini yaitu telah melakukan vaksinasi.

“Saat ini kan sudah normal, sudah 100 persen boleh mengunjung. Kemudian syarat pengunjung yang masuk ke sini adalah sudah vaksin dosis ketiga atau booster yah (red-untuk dewasa), untuk anak-anak juga harus minimal dosis satu atau dua,” tambahnya.

Pengunjung Ragunan
Para pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Diketahui, Kebun Binatang Ragunan buka mulai Selasa sampai Minggu pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Ada pun Wahyudi mengatakan, biasanya lonjakan pengunjung terjadi di weekend dan long weekend.

“Terutama long weekend ya, libur panjang biasanya ada libur nasional di antara libur panjang campuran dengan long weekend ya itu biasanya bisa di atas 40 ribu pengunjung. Bahkan saat long weekend pernah tercatat sampai 60 ribuan orang di masa situasi pasca pandemi,” tukasnya.