HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak hanya peti mati Ratu Elizabeth II, masing-masing anggota keluarga kerajaan menjadi pusat perhatian jutaan pasang mata saat menyaksikan prosesi pemakaman bersejarah di layar kaca.

Selama mayoritas prosesi pemakaman, terlihat dari tayangan live pemakaman di kanal Youtube Holopis Channel (19/9), keluarga kerajaan tampak tenang dan menjalani upacara dengan patuh.

Meski demikian, sisi manusia dari diri mereka akhirnya terlihat dari tangisan yang tak bisa terbendung lagi.

Meskipun masyarakat Inggris dan dunia kehilangan sosok ratu yang bersejarah, anggota keluarga kerajaan kehilangan seorang ibu, nenek, dan buyut.

“Saya kehilangan seorang nenek. Meskipun saya sedang berduka, tetapi saya juga merasa sangat bersyukur. Saya sudah menerima kebijaksanaan beliau,” kata William dalam pernyataan pertamanya tentang kematian sang nenek.

Anak bungsu Ratu Elizabeth II, Pangeran Edward tampak tak bisa membendung air matanya. Istri dari sang cucu, Meghan Markle, juga terlihat meneteskan air mata.

Netizen juga merasa hatinya sangat tersayat ketika melihat cicit Ratu Elizabeth II, Putri Charlotte, tampak menangis dan ditenangkan ibunya, Putri Kate.

Ratu Elizabeth II dikuburkan di Kastil Windsor, Berkshire bersama dengan keluarganya, serta suami tercinta, Pangeran Philip.