HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan rasa kehilangan yang paling mendalam atas berpulangnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra ke hadapan Tuhan YME.

“Atas nama pribadi dan seluruh keluarga besar Partai Gerindra mengucapkan bela sungkawa yang setinggi-tingginya atas meninggalnya Prof. Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers Republik Indonesia,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Selasa (20/9).

Semasa hidupnya, Menteri Pertahanan tersebut juga menilai kehadiran almarhum sebagai tokoh intelektual Islam yang membawa pemikiran yang moderat dan inklusif.

“Beliau adalah seorang tokoh intelektual Islam dan akademisi Indonesia terkemuka. Beliau selalu mengedepankan keyakinan beliau atas Agama Islam yang selalu moderat, sejuk, Rahmatan lil Alamin, dan selalu mengutamakan moderasi, toleransi serta sifat yang selalu inklusif,” ungkapnya.

Prabowo kemudian memberikan doa terbaik bagi keluarga atas meninggalnya Azyumardi yang hari ini telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

“Bangsa kita telah kehilangan seorang tokoh nasional yang besar. Semoga arwah beliau diterima oleh Allah SWT, Allah Maha Kuasa dan diberikan tempat yang sebaik – baiknya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta ketenangan,” doanya.

Azyumardi berpulang pada Minggu (18/9) setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Azyumardi yang saat itu sempat dinyatakan positif Covid-19 hingga harus menjalani perawatan di ruang khusus. Namun, Azyumardi kemudian akhirnya dinyatakan meninggal akibat penyakit kelainan jantung yang dideritanya.